Tips Cara Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website Bisnis Anda - Keyeb

Kamis, 28 Februari 2019

Tips Cara Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website Bisnis Anda

Kali ini saya akan memberikan tips tentang Cara Memilih Hosting Murah dan Terbaik untuk website, terutama bagi anda yang memiliki website bisnis. Karena masih ada sebagian orang yang masih bingung dalam menentukan provider hosting untuk web mereka. Tentunya kita ingin memilih hosting yang murah karena budget yang kita miliki cukup terbatas, namun kita juga tentunya ingin perfoma website mereka tetap berjalan dengan baik.

Hosting dengan kualitas performa terbaik biasanya akan desertai dengan harga yang cenderung mahal. Namun, pada kenyataannya, tidak selalu seperti itu, karena saat ini, sudah cukup banyak layanan hosting murah dengan performa yang tidak kalah bagusnya dengan yang mahal.

Tips Cara Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Website Bisnis Anda

Tentunya kita pasti sudah mengetahui, bahwa layanan hosting yang kita gunakan untuk sebuah website akan sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah Website tersebut. Maka dari itulah kita juga harus berhati-hati dalam menentukan hosting untuk sebuah website, apalagi jika anda memiliki website yang berkeperluan dalam bisnis.

Cara Memilih Hosting Murah dan Terbaik


Yang perlu anda ingat, bahwa murah bukan berarti murahan, dan mahal juga tidak selalu memiliki kualitas dan spesifikasi yang kita butuhkan. Namu jangan pula kita menyewa hosting terbaik dengan harga yang mahal walawpun spesifikasinya terlalu tinggi dan tidak begitu dibutuhkan.

Berikut ini, merupakan cara mudah menghemat pengeluaran saat menyewa hosting untuk website bisnis anda.

1. Perhatikan Harga


Jika anda memang memiliki budget yang terbatas namun bukan berarti tidak bisa mendapatkan hosting murah yang handal. Bukalah beberapa situs hosting provider lokal yang cukup ternama di Indonesia dan bandingkan setiap paket yang mereka tawarkan. Setiap hosting provider memiliki paket-paket harga tertentu yang dapat anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Menentukan Tipe Hosting


Mengetahui kebutuhan hosting website anda merupakan suatu keharusan karena akan menentukan performa website dan efisiensi pengeluaran. Secara umum, terbagi menjadi 4 tipe hosting website dengan spesifikasi yang berbeda-beda, seperti:

  • Shared hosting
  • Virtual Private Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Cloud Hosting

Jika website anda masih terbilang baru akan dibuat, maka sebaiknya menggunakan tipe shared hosting karena lebih murah. Anda juga bisa melakukan upgrade bila suatu saat website anda butuh spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

3. Menentukan Kapasitas Bandwidth


Perhatikan kapasitas bandwidth yang ditawarkan oleh hosting provider anda, apakah terbatas atau unlimited. Ada baiknya anda pilih hosting yang menawarkan kapasitas bandwidh unlimited sehingga website anda dapat tetap online meskipun saat trafik sedang melonjak. Salah satu hosting provider yang menawarkan unlimited bandwidth untuk shared hosting adalah Niagahoster.

4. Perhatikan Kualitas Server


Kualitas sever akan sangat mempengaruhi performa website bisnis anda. Tidak jarang ada website bagus namun ternyata loadingnya lambat karena servernya jelek. Bagaimana cara menentukan parameter kualitas sever? Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan lokasi servernya, misalnya lokasi server di Indonesia, Singapura, Amerika, Perancis, dan lain-lain.

Bila target market website anda ada di Indonesia maka sebaiknya gunakan hosting dengan server terdekat, misalnya di Indonesia atau Singapura. Selain lokasi server, perhatikan juga kapasitas RAM dan network speed karena itu juga mempengaruhi kecepatan loading website.

5. Perhatikan Sistem Keamanan


Meskipun hosting murah, bukan berarti sistem keamanannya lemah. Hosting provider yang profesional pada umumnya memiliki sistem keamanan yang cukup baik agar keamanan situs klien tetap terlindungi dari serangan hacker. Namun, dari sisi pemilik website juga harus memperhatikan keamanan website mereka. Ada beberapa upaya yang mudah dilakukan untuk membantu keamanan website, untuk situs WordPress misalnya;

  • Menggunakan cloudflare
  • Menggunakan WordPress yang up-to-date
  • Menggunakan thema dan plugin yang original
  • Menggunakan plugin dan script dari website resmi WordPress
  • Mengaktifkan firewall
  • Membuat password yang sulit ditembus
  • Dan lainnya

6. Perhatikan Kualitas Support


Meskipun semua tips sebelumnya telah dilakukan, bukan berarti website anda tidak akan ada masalah. Karena terkadang masalah akan muncul tanpa diketahui apa penyebabnya, apalagi bila anda bukanlah seorang tech savvy.

Maka dari itu anda membutuhkan hosting provider dengan support pelanggan yang siap 24 jam sehari membantu menyelesaikan masalah website anda. Selain membantu masalah utama pada website anda juga sebagai pemilik bisnis akan merasa lebih tenang.

Dari ulasan diatas, tentunya kita dapat menyimpulkan, bahwa kualitas hosting merupakan sesuatu yang sangat penting dan krusial bagi setiap website bisnis. Meskipun ada cukup banyak penawaran hosting murah di market lokal, namun tidak semua penawaran tersebut sesuai dengan apa yang kita harapkan. Saya rasa, cukup sekian tips yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.
Comments


EmoticonEmoticon