5 Penyebab Bisnis Startup Bisa Gagal - Keyeb

Jumat, 01 Maret 2019

5 Penyebab Bisnis Startup Bisa Gagal

Pada zaman yang seba canggih dan modern ini tentunya kini dapat membuat banyak masyarakan akan semakin mudah dalam melakukan pekerjaannya. Terlebih lagi jika mereka yang baru saja memulai usaha. Karena peranan teknologi yang semakin penting dapat dilihat dari banyaknya promosi mengenai bisnis yang terpajang atau terpampang di Internet. Begitu juga dengan bisnis Startup.

Apa itu Bisnis Startup?


Bisnis startup merupakan sebutan untuk bisnis yang baru saja didirikan. Bisnis yang pada umumnya memiliki jumlah karyawan kurang dari 20 orang ini, sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi, karena memang bisnis startup ini yang beroprasi berhubungan erat dengan website.

5 Penyebab Bisnis Startup Bisa Gagal

Meskipun pada saat ini Bisnis Startup sedang marak dan ramai, namun masih banyak pula yang belum mengetahui tentang hal apa saja yang penting untuk diperhatikan saat menjalankan bisnis ini. Sehingga masih banyak yang ditemukan mengalami kegagalan. Mengingat pentingnya pengetahuan mengenai penyebab kegagalan pada bisnis startup.

Apa saja penyebab kegagalan bisnis startup?


1. Kurang Pemahaman Akan Kebutuhan Pasar

Memang akan sangat menyenangkan jika pekerjaan Anda sejalan dengan hobi. Akan tetapi, masih sering terjadi kesalahan dalam pemanfaatan hobi tersebut. Masih banyak yang terlalu fokus pada hobi dan pengembangan hobi sehingga membuat mereka lupa akan kebutuhan pasar.

Anda harus mengingat bahwa usaha Anda harus didirikan dengan menjunjung tinggi kebutuhan pasar. Sebab memang sejatinya pasarlah yang dapat mengembangkan usaha Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk memahami apa sebenarnya yang sedang diinginkan konsumen. Pelajari masalah yang ada dan temukan solusinya.

2. Kas Kosong

Kekosongan kas sering sekali terjadi pada bisnis startup. Hal ini sering disebabkan karena banyaknya hal yang harus dibeli saat memulai bisnis. Jika bisnis startup gagal, coba ingat bagaimana manajemen keuangan yang Anda terapkan di perusahaan.

Bisa jadi kegagalan tersebut disebabkan rendahnya kemampuan dalam membedakan kebutuhan dan keinginan. Baik bisnis dengan dana sendiri maupun didanai pihak lain tentunya Anda harus memastikan bahwa pengeluaran dan pemasukan dalam keadaan seimbang.

3. Kerja Sama Tim Kurang

Saat mendirikan bisnis startup, tentunya Anda membutuhkan beberapa orang yang memiliki keahlian dalam mengelola bisnis. Anda pastinya memilih mereka yang kompeten dalam tugasnya. Akan tetapi, selain kompetensi, Anda juga harus memerhatikan kekompakan tim yang Anda bangun.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pelatihan kepada mereka agar mereka mengerti tanggung jawab mereka sebagai pegawai juga membangun kerja sama di antara mereka. Tim yang tidak mampu bekerja sama tentunya akan berdampak pada hasil kerja.

4. Keliru dalam Ambil Keputusan

Setelah memikirkan apa sebenarnya yang sedang dibutuhkan pasar, Anda akan mengambil keputusan. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa cara yang salah dalam mengambil keputusan akan berdampak pada hasilnya.

Bisa jadi ide kreatif Anda akan terlihat memalukan untuk direalisasikan. Hal tersebut tentunya merugikan, baik dalam segi waktu untuk memikirkan ide maupun biaya yang sudah dikeluarkan. Karena itu, pikirkanlah secara matang mengenai bagaimana Anda merealisasikan ide tersebut.

5. Ragu Saat Mengubah Konsep

Konsep yang Anda bangun sejak awal belum tentu bisa digunakan terus-menerus. Akan ada saatnya konsep tersebut harus diganti. Hal tersebut karena keadaan pasar dan keadaan perusahaan yang setiap harinya tidak sama. Akan ada masa di mana perusahaan Anda berada dalam kondisi yang membahayakan.

Karena itu, jika memang sudah tidak cocok lagi untuk dipertahankan, percaya dirilah untuk mengubahnya. Jangan melakukannya dengan setengah hati dan dengan keragu-raguan. Hal tersebut justru akan membuat Anda tidak maksimal dalam melakukannya.

Saya rasa cukup sekian tips yang bisa saya bagikan kali ini, tentang 5 Penyebab Bisnis Startup Mengalami Kegagalan. Semoga dengan artikel yang cukup singkat ini, bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang ingin memulai Bisnis Startup. Terimakasi dan selamat mencoba.
Comments


EmoticonEmoticon